Ide Interior Apartemen Studio

Anda baru saja membeli unit apartemen studio dengan luas 21 m², meskipun ruangnya kecil dan terbatas. Bagaimana menatanya dengan efisien dan fungsional dengan beragam kebutuhan ruang sehingga Anda nyaman tinggal  di dalamnya?

Menurut Yuli Andyono,Arsitek & Desainer Interior, ada beberapa tip yang bisa Anda tiru untuk menata ruang yang terbatas ini!house-ideas-winning-apartments-fascinating-alcove-studio-bedroom-interior-design-chelsea-landmark-residential-in-manhattan-interior-designs-for-studio-apartments-with-terrific-studio-apartment-interio

1. Ciptakan ruang dalam ruangan untuk  unit apartemen terbatas seperti tipe studio. Caranya dengan menggantung kain, tirai, atau gorden dari batang langit-langit,  dan membentuk pemisahan zona dengan karpet atau partisi dengan layar lipat.

2. Gunakan secara efektif  laci-laci dan rak pada meja, kursi, dan dinding. Rak buku rendah atau meja kopi rendah menjadi pilihan tepat,  karena  memberikan tambahan tempat penyimpanan yang diperlukan.

3. Buatlah tempat tidur atau sofa dramatis sebagai peran utama. Bahkan, ketika ruangan   sudah kompak, Anda tetap memerlukan beberapa furniture atau penerapan tinggi rendah lantai sebagai fokus ruangan dan memberi dimensi pada ruang terbatas itu.  Kamar tidur dapat ditinggikan lantainya sekitar 60 – 80 cm menjadi semimezanin.

4. Manfaatkan  barang-barang yang ada menjadi serbaguna. Gunakan kotak koper,bangku empuk, atau ottoman untuk meja kopi dan tempat simpan. Konfigurasikan/ciptakan tempat simpan built in yang tingginya mencapai langit-langit ruangan dengan lebar kedalaman yang diinginkan. Gunakan daybed atau sofa bed di  ruang keluarga yang  sewaktu-waktu bisa digunakan sebagai tempat tidur tambahan.

5. Ciptakan skala ruang yang lapang, terbuka, dan  terang  untuk menghindari kesan sempit. Selalu pilih furniture bentuk rendah,  tidak terlalu tebal, dan ringan. Manfaatkan materi, bahan furniture, dan aksesori  yang memantulkan cahaya  atau tembus pandang.  Misalnya, bahan kaca, aluminium, atau plastik untuk top table, atau jalinan kawat dan stainless steel untuk kaki meja dan kursi.

6. Maksimalkan penyimpanan dengan membangun sebuah tempat duduk built in di bawah jendela atau tempat tidur dengan platform berlaci. Ciptakan ruang simpan pada dinding ruangan, pintu, bahkan mungkin pada langit-langit ruang dengan menggunakan rak/ambalan supaya penempatannya efisien. Manfaatkan keranjang, kotak koper antik untuk meja samping dan tempat simpan unik.

7. Tingkatkan volume ruang dengan memasang cermin pada dinding. Cermin ukuran besar dari lantai hingga mencapai langit-langit ruangan dapat memperluas perspektif ruangan karena memantulkan ruang lain dan benda-benda di sekitarnya. Anda juga bisa gantungkan cermin kecil di seberang jendela untuk memantulkan cahaya alami ke segala penjuru ruang dalam.

Tip:

• Gunakan cat dan kain pembungkus sofa dengan warna yang sama atau bergradasi. Gunanya, untuk ‘menyatukan’ warna-warna barang lama yang beragam atau pernak- pernik yang kurang serasi. Cat dinding dengan warna yang sama menciptakan pantulan cahaya ruangan dengan baik sehingga ruang terlihat lebih luas dan lapang.

• Aturlah perabotan dan furniture menempel pada dinding untuk  menghemat ruang. Jalur tengah hanya untuk sirkulasi penghuni sehingga unit apartemen studio terlihat lebih luas dari ukuran sebenarnya.

Posted in Tips Interior and tagged , , , , , , , , , , , .